RSS

Minggu, 19 Mei 2013

RPP Bahasa Jawa


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : Sekolah Dasar Negeri Desa Karangpaing
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas                           : II (Dua)
Semester                      : II (Dua)
Alokasi Waktu            : 1 x 35 menit (1 pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Mendengarkan :
Mampu Mendengarkan dan memahami berbagai wacana lisan melalui mendengarkan pesan, ungkapan, cerita, dongeng, atau percakapan sederhana.

B.     Kompetensi Dasar
      Mendengarkan dongeng

C.    Indikator Pembelajaran
1.      Menjawab pertanyaaan tentang watak tokoh yang terdapat dalam dongeng.
2.      Menceritakan kembali dongeng yang disampaikan dengan bahasa sehari-hari.

D.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menjawab pertanyaan tentang watak tokoh yang terdapat dalam dongeng.
  2. Siswa dapat menceritakan kembali dongeng yang disampaikan dengan bahasanya sendiri.
  3. Siswa dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi dongeng.

v  Karakter yang diharapkan
a.       Disiplin
b.      Kreatif
c.       Semangat
d.      Tanggung jawab
e.       Peduli sosial

E.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
  1. Terpadu dan Tematik.
  2. Belajar sambil bermain.
  3. Student Active Learning (SAL).
                                                                                                
F.     Materi Ajar
Kancil lan Keyong

Wayah esuk Kancil mlaku ana sapinggire kali.
Kancil weruh keyong
Kancil celathu marang keyong.
Keyong kowe lagi padha ngapa?

Keyong wangsulan.
Aku lagi thenguk-thenguk, arep ngapa cil.
Tetandhing balapan mlayu wani ora?
Keyong sakancane padha wangsulan ayo.
Kancil lan keyong balapan.
Kancil kemethus marga rumangsa wis tekan papane dhisik
Bareng mandheng kancil mlongo.
Keyong wis ana ing ngarepe.
Keyong celathu piye, Cil, disik aku apa kowe?

Kancil kisinan kancil kalah karo keyong.
Keyong menang amarga keyong padha baris ing sapinggire kali.

G.    Langkah-langkah Kegiatan      
  1. Kegiatan Awal (5 Menit)
a. Membuka dengan salam kemudian berdoa.
b.Guru melakukan presensi.
c. Guru bertanya kepada siswa ”Sopo sing sering di dongengke bapak utawa ibuk’e sak  durunge turu?”
d.                  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

  1. Kegiatan Inti (20 Menit)
a.       Eksplorasi
Guru membacakan sebuah dongeng.
b.      Elaborasi
-          Guru menunjuk beberapa siswa maju ke depan untuk membacakan dongeng.
-          Guru bertanya jawab dengan siswa mengenai isi dongeng.
-          Guru menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan kembali dongeng tersebut dengan bahasanya sendiri.
c.       Konfirmasi
Guru memberi penguatan sekaligus meluruskan kesalahpahaman atas cerita murid dalam kegiatan elaborasi.

  1. Kegiatan Penutup (10 Menit)
-          Guru bersama dengan siswa menyimpulkan pembelajaran secara lisan.
-          Guru memberikan tindak lanjut berupa latihan soal kepada siswa.
-          Guru membimbing siswa mengumpulkan jawaban dari latihan soal.
-          Guru bersama-sama dengan siswa memaknai pembelajaran dengan mengaitkan pada kehidupan sehari-hari.
-          Guru menutup pembelajaran

H.    Sumber / Bahan Belajar
-          Buku  Kulina Basa Jawa 2 halaman 78.

I.       Penilaian
Teknik Penilaian              :           Tes Tertulis.

Wangsulono pitakon-pitakon ing ngisor iki!
1.      Sebutke sopo wae tokoh uga sifat kang di nduwenikang  ono ing dongeng Kancil lan Kenyong uga!
2.      Wayah apa kancil mlaku ono sak pinggire kali?
3.      Kancil ngajak tetandingan opo marang si kenyong ?
4.      Kenopo kancil kemethus?
5.      Sopo sing menang ning tetandingan mau?

Kunci jawaban
1.      Kancil nduweni watak sombong lan keong nduweni watak cerdik.
2.      Wayah esuk.
3.      Kancil ngajak tanding mlayu marang keong.
4.      Amarga rumangsa wis tekan papane dhisik.
5.      Keong

Prosedur penilaian
Nilai          =  jumlah benar x 20
                        =  5 x 20
= 100
       



Mengetahui,                                                   Purwodadi, 9 Desember 2012

Kepala Sekolah                                                     Guru Bahasa Jawa




____________________                                      ____________________
NIP.                                                                      NIP.
.

0 komentar:

Poskan Komentar

Sekarang Menunjukkan Jam