RSS

Minggu, 19 Mei 2013

Sejarah Pendidikan


SEJARAH PENDIDIKAN DI INDONESIA

A.    MASA KLASIK
Sejarah tulis menukis di indonedia dimulai  masuknya kebudayaan hindu di beberapa daerah di Pulau jawa dll. Tulisan dengan huruf Pallawa yang berisi sastera,agama,sejarah,etika menjadi sumber pendidikan  golongan raja-raja dan bangsawan.Zaman pemerintah Erlangga(990-1049) banyak buku-buku bahasa,sastra,hukum,filsafat diterjemahkan ke bahasa Jawa Kuno(Kawi) sehingga lahirlah guru-guru professional pada zamannya.Seorang guru profesional harus lahir dari kasta Brahmana sedang muridnya bias terdiri dari kasta Brahmana sendiri dan dari 2 kasta dibawahnya,sbab kasta sudra tidak diperkenankan menjadi murid(sais,1989 ;159).
Puncak pendidikan Budha dicapai pada zaman Sriwijaya.Guru terkenal pada zaman sriwijaya ialah Darmapala dari Nalanda.Pada abad ke 13 Islam masuk ke Indonesia,Kerajaan islam pertama di Jawa adalah Demak,di aceh Samudra Pasai,di Sulawesi Kerajaan Goa ,di Maliku Kasultanan Ternate.Dari kerajaan-kerajaan itulah menjadi pusat penyebaran agama islam sehingga islam tersebar keseluruh nusantara.
Tujuan pendidikan islam pada saat itu dalah mengabdi sepenuhnya kepada Allah sesuai dengan tuntunan rosul Muhammad SAW(Al-Qur’an dan As Sunah)Materi pendidikan yang diberikan para kiai adalah keimanan ,ketaqwaan, dan akhlaq.Untuk  mempedalam ilmu tauhid diberikan juga Arkanul Iman.Untuk mencapai tujuan tersebut  diberikan  program belajar yang meliputi:membaca Al-Qur’an, ibadat (berwudlu dan sholat, keimanan dan akhlak)
B.     MASA KOLONIAL

1.      Masa Kolonial Belanda
Tahun 1596 Belanda datang pertama kali ke Indonesia  di Banten dengan pimpiunan Cornelius de Houtman.Tahun 1602 Belanda mendirikan VOC (Persatuan Dagang Hindia Timur) ,untuk memperkuat kedudukan ,Belanda mendirikan sekolahsekolah untuk anak-anak Indonesia,sekolah ini bertujuan menghasilkan pegawai-pegawai rendahan baik sebagai pegawai negeri maupun pegawai swasta.Secara umum kecenderungan penyelenggaran pendidikan  colonial adalah:
·         Membina terselenggaranya pendidikan islam tradisionil serta membantu mendirikan beberapaa madrasah islamiyah di Nusantara  misalnya:
·         Melanjutkan system lama dalam bentuk pengajian Al-Qur’an  dan kitab kuning
·         Mendirikan pondok pesantren modern misalnya di Jombang:Tebu Ireng,di Ponorogo:Gontor.
·         Mendirikan sekolah agama atau madrasah misalnya Madrasah adabiah di Padang, Madrasah sa’adah abadiah di Aceh,Madrasah maktab islamiah di Tapanuli Medan.
·         Mendirikan sekolah Zending(mizionaris) yang bertujuan menyebarkan agama Kristen untuk orang-orang belanda dan bumi putra.
Beberapa sekolah yang didirikan Belanda misalnya sekolah di ambon dengan bahasa melayu dan belanda,mendirikan sekolah di kepulauan banda lengkap dengan asrama, mendirikan sekolah warga masyarakat di Jakarta untuk tingkat sekolah dasar yang mendidik budi pekerti, mendirikan sekolah latin(tingkat SMP) di Jakarta,mendirikan seminar theolohia untuk mendidik calon pendeta, dll.Sekolah-sekolah yang didirikan belanda tersebut mempunyai ciri khas sbb:
·         Dualistik deskriminatif yaitu membedakan pendidikan untuk orang eropa dan bumi putera
·         Sentralistik yaitu pemerintah kolonial belanda memiliki hak mengatur pendidikan di daerah kolonioalnya
·         Tujuannya untuk dapat menghasilkan tamatan yang menjadi warga Negara belanda kelas dua.

2.      Masa Kolonial Jepang
Indonesia sebagai daerah koloni Jepang tahun 1942-1945,penyelenggaran pendidikan zaman jepang ditujukan  untuk menghasilkan tentara yang siap memenangkan perang bagi jepang,Oleh karena itu pemiuda dilatih baris-berbaris,bela diri, menggunakan senjata sehingga lahir Keibodan(polisi pembantu),Heiho (tentara pembantu),Fujinkai(sukarelawan wanita),yang semuannya bergabung dalam Peta(Pembela Tanah Air).
v  Sekolah yang didirikan Belanda dirombak oleh Jepang misalnya:
Sekolah rendah(Lagere Onderwiis) diganti Sekolah Rakyat(Kokumin Gakho) terbuka untuk semua penduduk dengan lama pendidikan enam tahun.
v  Perhatian jepang terhadap pendidikan sangat besar dibuktikan dengan didirikan:
Sekolah Guru dua tahun(Sato Sikan Gakho),Sekolah Guru empat tahun(Guto Sikan Gakho) dan Sekolah Guru enam tahun (Koto Sikan Gakho).
C.    PENDIDIKAN PADA MASA KEMERDEKAAN
Pelaksanaan pendidikan bersumber pada UUD 1945 Pasal 31 ayat 1 mengatakan “tiap-tiap warga Negara berhak mendapat pengajaran”,ayat 2 “pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu system pengajaran nasional yang diatur dengan undang-undang”.
1.      Penyelenggaran Pendidikan pada Awal Kemerdekaan(1945-1950)
a.       Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat(BN-KNIP) mengusulkan perlunya pembaruan di bidang pendidikan ,antara lain:
·         Pengajaran harus membimbing murid untuk menjadikan warga Negara yang bertanggung jawab
·         Sesuai dengan sila keadilan sosial maka pengajaran harus terbuka untuk setiap penduduk penduduk baik laki-laki maupun perempuan
·         Untuk orang dewasa perlu diselenggarakan pemberantasan buta huruf
·         Pendidikan agama hendaknya mendapat tempat yang teratur seksama.Ponpes dan madrasah yang telah lama berdiri hendaknya mendapat bantuan dan perhatian yang nyata dari pemerintah.
·         Pengajaran teknik dan perekonomian harus mendapat perhatian istimewa.
b.      Atas usulan s. Mangunsarkoro akhirnya dibentuk pendidikanmasyarakat yang bertujuan membangun masyarakat adil dan makmur berdasarkan pancasila
c.       Menteri Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan membentuk panitia Penyelidik Pendidikan yang dipimpin Ki Hadjar Dewantara dengan tugas merencanakan struktur pengajaran model baru,menetapkan bahan penggajaran dengan menimbang keperluan praktis dan menyiapkan rencana pelajaran untuk setiap sekolah dan setiap kelas
d.      Pemerintah harus menambah gedung sekolah karena gedung tersebut ada yang hancur akibat perang
e.       Menetapkan Kurikulum sebagai pedoman penyelenggaraan pengajaran nasional,Kurikulum hendaknya berisi:
ü  Meningkatkan kesadaran bernegara dan bermasyarakat
ü  Meningkatkan pendidikan jasmani
ü  Meningkatkan pendidikan watak
f.       Hasil pembaruan Kurikulum lahir Kurikulum SR 1947 yang membedakan tiga macam struktur program,yaitu:
1.      SR (Sekolah Rakyat) dengan bahasa daerah sebagai bahasa pengantar pada kelas rendah.
2.      SR dengan bahsa Indonesia sebagai pengantar sejak kelas satu.
3.      SR yang diselenggarakan sore hari terbatas sampai dengan kelas IV,kelas V & kelas VI harus masuk pagi.
g.      Kurikulum SR 1947 terdiri atas 15 mata pelajaran,yaitu:
a)      Bahasa Indonesia
b)      Bahasa arab
c)      Berhitung
d)     Ilmu alam
e)      Ilmu hayat
f)       Ilmu Bumi
g)      Sejarah
h)      Menggambar
i)        Menulis
j)        Seni Suara
k)      Pekerjaan Tangan
l)        Gerak badan
m)    Kebersihan & kesehatan
n)      Budi pekerti
o)      Pendidikan agama


2.      Penyelenggaran Pendidikan Tahun 1950-1959 (Demokrasi Liberal)
Pelaksanaan pendidikan diatur dengan UU no 4 Th 1950 dan mulai 18 maret 1954 diperbarui menjadi UU no.12 Th 1954.Tujuan pendidikan dan pengajaran menurut UU ini adalah membentuk manusia susila yang cakap dan warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air.

a.       Penyelenggaran Pendidikan
Dikeluarkan PP no 65 Th 1951 tentang penyerahan sebagian urusan pemerintah pusat kepropinsi termasuk urusan pendidikan pengajaran dan kebudayaan,dengan PP tersebut propinsi memiliki kewajinban :
1.      Mendirikan sekolah rendah kecuali sekolah rakyat latihan
2.      Memberikan subsidi kepada partkulir
3.      Mata pelajaran agam dinberikan menurut agamanya dimulai kelas IV
4.      Guru agama  diangkat oleh menteri agama atas usulan instansi agam yang berkepentingan

b.      Partisipasi Pendidikan swasta
Sejak 1951 sekolah-sekolah swasta yang bercirikan keagamaan banyak bermunculan.MMPK(Majelis Pusat Pendidikan Kristen),Lembaga Pendidikan Katolik ,Muhamadyah  mendirikan sekolah-sekolah umum(SR,SMP,SMEP,SMA,SGB).


3.      Penyelenggaran Pendidikan Tahun 1959_1965 (demokrasi  Terpimpin)
Melalui dekrit presiden 5 juli 1959,UUD 1945 diberlakukan lagi ,pelaksanaan pendidikan menggunakan UU no 12 Th 1954 dimana tujuan pendidikan adalah “membentuk manusia susila yang cakap dan warga Negara yang demokratis serta bertangguang jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanah air”


4.      Penyelenggaran Pendidikan Masa Orde Baru
a.      Tahun 1966-1969
Isi pendidikan:
v  Mempertinggi mental,moral,budi pekerti serta memperbaiki keyakinan agama
v  Mempertinggi kecerdasan dan ketrampilan
v  Membina perkembangan fisik yang kuat dan sehat
1.      Penyelenggaran Pendidikan
Keputusan Presidium Kabinet no 75/U/II/1966 menetapkan:
a.       Menteri pendidikan dan kebudayaan sebagai pemimpin Dep P&K
b.      Dalam melaksanakan tugasnya Men P & K dibantu oleh Sek  Jend Dep P & K dan Biro Pembinaan dan Pelayanan
2.      Pelaksanan Utama Dep P & K terdiri atas:
a.      Direktorat Jenderal Pendidikan dasar
b.      Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi
c.       Direktorat Jenderal Olahraga
d.      Direktorat Jenderal Kebudayaan
e.      Direktorat Jenderal Urusan Pemuda dan Pramuka
3.      Penyempurnan Kurikulum
a.       Kurikulum SD
Kurikulum SD 1964 diubah menjadi kurikulum SD tahun 1968 berlaku sejak 1968.Dasar tujuan dan azas pendidikan adalah apancasilaa yang mencakup lima prinsip:
1.      Prinsip umum pendidikan nasional pancasila ialah integritas,kontinuitas dan sinkronisasi
2.      Landasan idiil meliputi:dasar pendidikan nasional pancasila, tujuan pendidikan membentuk manusia pancasila, isi pendidikan nasional mempertinggi mental budi pekerti,memperkuat keyakinan aganma,mempertinggi kecerdasan dan ketrampulan.
3.      Prinsip umum kurikulum adalah criteria pemilihan isi kurikulum,prinsip didaktik methodic,system evaluasi yang kontinyu dan objektif
4.      Prinsip pendidikan sekolah dasar adalah tujuan pendidikan sekolah dasar dan garis besar kurikulum SD
5.      Azas-azas didaktik methodic sekolah dasar mirip dengan yang terancam dalam kurikulum SD 1964
b.      Kurikulum SMP
Lembaga pendidikan SMP menggunakan kurikulum SMP 1967 yang berlaku sejak 1968,struktur kurikulumnya sbb:
1.      Kelompok Pembinaan Jiwa Pancasila meliputi :pendidikan agama,kewargaan Negara, Bhasa Indonesia dan Olaharaga
2.      Kelompok Pembinaan Pengetahuan Dasar, Bahasa Indonesia,Bahasa daerah,Baghasa Inggris,Ilmu Aljabar,Ilmu ukur,Ilmu Hayat,Ilmu Bumi,Sejarah<Menggambar
3.      Kelompok Pemnbinaan Kecakapan Khusus meliputi administrasi,kesenian,Prakarya,pendidikan kesejahteraan keluarga
c.       Kurikulum SMA
Kurikulum SMA 1964 disempurnakan  menjadi kurikulum SMA 1968 diberlakuakan mulai 1969, tUjuannya adalah:
1.      Membentuk manusia pancasila sejati
2.      Mempersiapkan siswa untuk masuk k PT
3.      Memberikan dasar keahlian umum sesuai dengan bakat minat
Susuna Kurikulum SMA 1968 adalah sebagai berikut:
a.       Kelompok  Pembinaan Jiwa Pancasila meliputi Pendidikan agama,pendidikan kewargaan Negara, Bahasa Indonesia, dan Olahraga
b.      Kelompok Pembinaan Pengetahuan Dasar
c.       Kelompok pembinaan kecakapan khusus meliputi PKK, Prakarya

4.      Perkembangan  Lembaga Pendidikan
     

  b.Perkembangan Pendidikan 1970-1994
1.  Dasar tujuan
 a.  Tap MPR-RI No.IV/MPR/1973, membentuk manusia pembangun,berpancasila,sehat jasmani rohani,berpengetahuan,trampil, tanggung jawab,sikap demokrasi,kecerdasaan tinggi,budi pekerti luhur,mencibtai bangsanya dan semua manusia seperti termaktub dalam UUD 1945
b. Tap MPR-RI No II/MPR/1978 meningkatkan ketaqwaan terhadap Than YMRE,kecerdasan, ketrampilan,mempertinggi budi pekerti,memperkuat kepribadian,mempertebal semangat kebangsaa,tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa
c.  Tap MPR-RI No IV/MPR/1988  meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan YME ,kecerdasan & ketrampilan,mempertinggi budi pekerti,memperkuat kepribadian,mempertebal semangat kebangsaan,cinta tanah air,yang mampu membangun dirinya sendiri dan tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa
d.  Tap MPR-RI No II/MPR/1988 meningkatkan kualitas manusia Indonesia,iman,taqwa,budi pekerti luhur,berkepribadian,disiplin,bekerja keras,trampil,sehat jasmani rohani,cinta tanah air,mempertebal semangat kebangsaan,kesetiakawanan sosial
e. UU No.2/1989 tentang SISDIKNAS berlaku sejak 27 maret 1989 pendidikan bertujuan mencerdaskan meengembangkan manusia seutuhnya,I,man,taqwa,budi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan,sehat jasmani rohani,kepribadian mantab,mandiri,tanggung jawab kemasyarakat dan kebangsaan
2. Sistem Pendidikan dan sistem Persekolahan
v  System pendidikan nasional berdasarkan UU No.2/1989

v  Sistem Persekolahan
Menurut UU No.2/1989 sistem persekolahan terdiri dari 3 jenjang:
a.       Jenjang pendidikan dasar,sekolah dasar dan SLTP
b.      Jenjang pendidikan menengah,SMU dan SMK
c.       Jenjang Pendidikan tinggi
3.Peningkatan Mutu Sekolah
a. Pengadaan alat pendidikan berupa alat peraga, alat praktik,alat laboratorium
b. Pengadaan buku pelajaran dari tingkat sD sampai PT dengan dilengkapi buku pedoamn bagi guru
c. Pengadaan dan peningkatan mutu tenaga pengajar
d. pengangkatan dan penataran guru disekolah keguruan berdirinnya PPG
e. Pengangkatan Tenaga Dosen

4. Perubahan Kurikulum
a. Kurikulum SD 1968 diubah ke kurikulum SD 1975,diubah ke kurikulum SD 1984 dan akhirnya ke kurikulum SD 1994
b. Kurikulum SMP 1975 juga mengalami perubahan berturut-turut menjadi kurikulum SMP 1984 kurikulum SLTP 1994
c. Kurikulum sma 1972 juga mengalami perubahan berturut-turut menjadi kurikulum SMA 1984,kurikulum 1994
d. Kurikulum sekolah kejuruan dari kurikulum 1968 menjadi kurikulum 1976 kurikulum  SMK 1997.


DINAMIKA PERUBAHAN KERIKULUM SD
a.       Tujuan

1968
1975
1984
1994
Membentuk manusia yang pancasila sejati
Memiliki sifat dasar sebagai warga Negara yang baik.
Memiliki pengetahuan,ketrampilan sikap untuk mengembangkan diri sesuai azas pendidikan seumur hidup

Membentuk manusia Indonesia seutuhnya.
Meiliki belkal untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi.
Memberi kemampuan dasar untiuk hidup dimasyarakat & mengembangkan diri sesuai bakat minat lingkungan.
Memberi bekal dasar,baca,tulis,hitung,ketrampilan dasar,bermanfaat bagi perkembangan diri.
Mepersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan di SLTP


a.       Mata Pelajaran
1.      Klp. Pembinaan Jiwa Pacasila
2.      Klp. Pembianaan Penget. Dasar
3.      Klp, Pembinaan kecakapan Khusus
1.      Agama
2.      PMP
3.      Bhs Indonesia
4.      IPS
5.      Matematika
6.      IPA
7.      Orkes
8.      Kesenian
9.      Ketrampilan khusus
1.      Agama
2.      PMP
3.      PSPB
4.      Bhs Indonesia
5.      IPS
6.      Matematika
7.      IPA
8.      Orkes
9.      Pendidikan Kesenikan
10.  Ketrampilan khusuS
11.  Bhs. Daerah


1.      PPKN
2.      Pend .agama
3.      Bhs. Indonesia
4.      Matematika
5.      Ipa
6.      Ips
7.      Kerajinan & kesenian
8.      Pend. Jasmani & kesehatan
9.      Muatan lokal



DINAMIKA PERUBAHAN  KURUKULUM SMP
a.       Tujuan
Kurukulum 1968
Kurikulum 1975
kurikulum 1984
Kurikulum 1994

1.      Warga baik & manusia utuh,sehat,kuat lahir batin
2.      Memiliki bekal utk melanjutkan ke sekolah di atasnya/terjun ke masyarakat
1.      WN Pembangun taat pancasila&UUD 1945
2.      Memiliki bekal utk studi selanjutnya
3.      Memiliki bekal ketrampilan dasar utk terjun di masyarakata
1.      Mempersiapkan anak utk mengikuti pendidikan menengah
2.      Mengembangkan  kemampuan dasar ketrampilan hidup sbg anggota masyarakat &warga negara







b.      Mata Pelajaran
1.      Klp. Pembinaan jiwa,meliputi:
a.       Pend agam
b.      Kewargaan ngra
c.       Bhs Indonesia
d.      Olah raga
2.      Klp. Pembinaan pengetahuandasr, meliputi:
a.       Bhs Indonesia
b.      Bhs daerah
c.       Bhs inggris
d.      Ilmu aljabar
e.       Ilmu ukur
f.       Ilmu hayat
g.      Ilmu bumi
h.      Sejarah
i.        Menggambar
3.      Klp. Pembinaan kecakap. Khusus,meliputi:
a.       Administrasi
b.      Kesenian
c.       Prakarya
d.      PKK
1.      Program pend. Umum
a.       Pend. Agama
b.      PMP
c.       ORKES
d.      Pendkesenian
2.      Program pend akademik
a.       Bhs Indonesia
b.      Bhs daerah
c.       Bhs inggris
d.      IPs
e.       MATEMATIKA
f.       Ipa
3.      Ketrampilan wajib
a.       Ketrp. Teknik
b.      Ketrp. Jasa
c.       Kerajinan
d.      Maritime
4.      Ketrampilan  pilihan
a.       Prakt. IPS
b.      Prakt. IPA
c.       OR Prestasi
d.      Kesenian
e.       UKS
1.      Program pend umum
a.       Pend agama
b.      PMP
c.       PSPB
d.      Pend jasmani
e.       Pend keseniaan
2.      Program peng. Akademis
a.       Bhs Indonesia
b.      Bhs daerah
c.       Bhs inggris
d.      IPS
e.       Matematilka
f.       IPA
3.      Pend. Ketramp paket wajib pilih setiap semester satu paket
a.       Ketramp jasa
b.      PKK
c.       Teknik
d.      Pertanian
e.       Kerajinan
f.       maritim
1.      PMPKN
2.      Pend Agama
3.      Bhs Indonesia
4.      Matematika
5.      IPS
6.      Kerajinan tangan
7.      Kesenian
8.      Penjaskes
9.      Bhs inggris
10.  Muatan lokal

DINAMIKA PERUBAHAN KURIKULUM SMA
a.       Tujuan
1968
1975
1984
1994
1.      Membentuk manusia pacasila sejati sesuai dg pembukaan UUD 1945
2.      Mempersiapkan anak memasuki PT
3.      Mengembangkan dasar keahlian sesuai bakat minat
1.      WN baik, utuh sehat,kuat lahir batin
2.      Menguasai hasil pendidikan umum sebagai kelanjutan SLTP
3.      Memiliki  bekal utk studi lanjut
1.      Membentuk wrga ngra Indonesia yg ber pancasila & sesuai UUD 1945
2.      Membveri bekal utk studi lanjut
3.      Memberi bekal utk terjun ke dunia kerja

1.      Meningkatkan pengetahuan utk bekal studi di PT sejalan perkembangan iptek
2.      Meningkatkan kemampuan siswa sbg anggota masyarakat

b.      Struktur Program Kurikulum
Kurikulum1968
Kurikulum1975
Kurikulum1984
Kurikulum1994
1.      Klp. Pemb jiwa pancasila
a.       Pend agama
b.      PKN
c.       Bhs Indonesia
d.      OR
2.      Pemb pengt Dasar kelas 1
a.       Sejarah
b.      Geografi
c.       Ilmu pasti
d.      Fisika
e.       Kimia
f.       Biologi
g.      Ekonomi&koperasi
h.      Bhs inggris
i.        Menggambar
Kls 2/3 (sosial budaya)
a.       Bhs & kesustraan ind
b.      Mengarang
c.       Sejarah
d.      Geohgrafi
e.       Antropologi bud
f.       Ekonomi&koperasi
g.      Menggambar
h.      Bhs inggris
Kls 2/3 (IPA)
a.       Aljabar analit
b.      Ilmu ukur sudut
c.       Ilmu ukur ruang
d.      Fisika
e.       Kimia
f.       Biologi
g.      Geografi
h.      Menggambar
i.        Bhs inggris


1.      Program pend umum
a.       Pend agama
b.      Pmp
c.       ORKES
d.      Pend keseniaan
2.      Program pend akademik semester 1
a.       Matematika
b.      Bhs Indonesia
c.       Bhs inggris
d.      IPA/IPS
Semester 2
a.       Matematika
b.      Bhs indonesia
c.       Bhs inggris
Mata pelajaran jurusan IPA fisika,kimia,biologi
a.       Tata buku
b.      Hit. Dagang
c.       Eko/kop
d.      Sejarah
e.       Geografi
Jurusan bahasa
a.       Bhs asing
b.      Sejarah
c.       Geografi
d.      Antropologi
e.       Bhs daerah
Mata pelajaran minor pilih setiap jurusan satu
3.      Pendidikan ketrampilan wajib,pilih satu
a.       Agrarian
b.      Teknik
c.       Maritim
d.      Jasa
e.       kerajinan

1.      program inti(60%)
a.       pend agama
b.      pend pancasila
c.       PSPB
d.      Bhs&sastra indonesia
e.       Geografi
f.       Penjaskes
g.      Kesenian
h.      Ketrampilan
i.        Matematika
j.        Kimia
k.      Fisika
l.        Biologi
m.    Sejarah
2.      Program khusus (40%)
a.       Program ilmu-ilmu fisiska
b.      Program ilmu biologi
c.       Program ilmu sosial
d.      Pengetahuan budaya
Program B
a. Teknik industry
b.      Komputer
c.       Pert. Kehut
d.      Jasa
e.       Maritime
f.       Budaya
g.      Agama
1.      Program umum (wajib KI.1/2)
a.       PMPKN
b.      Pend agama
c.       Bhs &sastra ind
d.      Bhs inggris
e.       Penjaskes
f.       Matematika
g.      IPA(fisika.kimia,biologi)
h.      IPS (ekonomi,sosiologi,geografi)
i.        Pend seni
2.      Program khusus


c.Perkembangan Pendidikan 1995-1999
1. Tujuan dan dasar pendidikan
    a. Dlm UU NO. 2/1989,bahwa pendidikan nasional berdasarkan pancasila dan UUD 1945
    b. Tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman & bertaqwa,berbudi pekerti luhur,memiliki pengetahuan dan ketrampilan,sehat jasmani rohani, kepribadian mantab,mandiri dan tanggung jawab.
2. Penyelenggaran Pendidikan
Pembangunan pendidikan menekankan pada pengembangan SDM yang mampu menjawab tantangan masa depan dg prioritas:
a.       Penuntasan pelaksanaan wajib belajar 9 tahun
b.      Peningkatan mutu semua jenis,jenjang dan jalur pendidikan
c.       Pelaksanaan link and match antara pendidikan dan industry
d.      Peningkatan kemampuan pengusaan iptek

0 komentar:

Posting Komentar

animasi  bergerak gif

Sekarang Menunjukkan Jam