RSS

Minggu, 19 Mei 2013

Motif Ragam Hias Mega Mendung


ARTI MOTIF RAGAM HIAS


A.   MOTIF MEGAMENDUNG
Motif mega mendung biasanya digunakan pada batik.batik megamendung atau awan-awanan, merupakan karya seni batik yang identik dan bahkan menjadi ikon batik Cirebon. Motif ini mempunyai kekhasan yang tidak ditemui di daerah penghasil batik lain dan merupakan masterpiece batik Cirebon. Kekhasan motif megamendung tidak hanya pada motifnya yang berupa awan dengan warna-warna yang tegas, tetapi juga nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Hal ini berkaitan erat dengan sejarah batik keseluruhan di Cirebon.
Sejarah timbulnya motif megamendung yaitu, dahulu bangsa China datang ke Cirebon, kemudian pada abad ke-16 Sunan Gunung Jati menikah dengan Ratu Ong Tien dari China. Beberapa benda seni yang dibawa dari China berhiaskan bentuk awan. Bentuk awan dalam faham Taoisme, melambangkan dunia atas dengan gambaran dunia luas dan mempunyai makna transidental.
Pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien menjadi pintu gerbang masuknya budaya dan tradisi China ke keraton Cirebon. Kemudian pembatik kraton menuangkan budaya dan tradisi China ke dalam motif batik yang di buat, tetapi tetap dengan sentuhan khas Cirebon.
Pada bentuk megamendung dapat di lihat garis lengkung yang beraturan, dari bentuk garis lengkung yang paling dalam kemudian melebar keluar menunjukkan gerak yang teratur harmonis. Garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral dalam kehidupan manusia yang selalu berubah, kemudian berkembang keluar untuk mencari jati diri, yang pada akhirnya membawa dirinya memasuki dunia baru menuju ke dalam penyatuan diri dan kembali ke asalnya. Jadi motif ini melambangkan kehidupan manusia secara utuh.

1 komentar:

@neng saripah mengatakan...

teh gmn sih cra bikin blog kaya teteh , aku sukka simple dan rapih, tapi menarik...

Posting Komentar

animasi  bergerak gif

Sekarang Menunjukkan Jam