ALAT PENDIDIKAN & LINGKUNGAN
PENDIDIKAN
A.
Alat
Pendidikan
Pengertian alat pendidikan adalah suatu perbuatan
atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan
pendidikan.
Ø Alat
Pendidikan dapat dibedakan menjadi dua:
a. Alat
pendidikan yang bersifat rohaniah(normatif)
Merupakan
alat pendidikan yang berfungsi preventif(pencegahan)dan represif (reaksi
setelah ada perbuatan)keduanya dapat bersifat positif dan negatif
·
Alat pendidikan normatif yang preventif
dan positif yakni keteladanan,anjuran,suruhan,pengarahan dan pembiasaan.
·
Alat pendidikan normatif yang preventif
dan negative yakni contoh untuk dijauhi,peraturan yang memberi larangan dan
pengawasan.
·
Alat pendidikan yang normatoif yang
represif dan positifyakni isyarat tanda setuju(anggukan),kata-kata
setuju,kata-kata puas,pujian,hadiah
·
Alat pendidikan normative yang represif
dan negative yakni isyarat tanda tidak setuju,kata-kata tidak
setuju,teguran,kecaman,ancaman,hukuman
b. Alat
pendidikan yang bersifat kebendaan
Merupakan alat
pendidikan yang berwujud dan dapat dilihat dengan mata kita
1. Arti dan Peranan Sarana Pendidikan
Sarana
pendidikan adalah segala sesuatu yang dipergunakan pendidik dalam pelaksanaan
pendidikan,sarana pendidikan meliputi ruangan belajar,peralatan dan media
pendidikan.
2. Media
Pendidikan dari Peranannya
Media
pendidikan adalah perangkat lunak dan atau perangkat keras yang berfungsi
sebagai alat belajar dan alat bantu belajar.
Media
pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses belajar-mengajar:
a. Dapat
mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik
b. Dapat
mengatasi verbalisme
c. Membangkitkan
minat peserta didik
d. Mendorong
rasa ingin tahu peserta didik sehingga merangsang kegiatan belajar
e. Dapat
mengatasi keterbatasan waktu dan tempat
3. Alat
Pengajaran (alat Pendidikan yang Bersifat Kebendaan)
Alat
pendidikan sebagai alat pengajaran diklasifikasikan sbb:
a. Berdasarkan
pemakiannya dibedakan atas alat pengajaran individual,contohnya:buku pelajaran
dan pengajaran klasikal seperti papan tulis dan peta.
b. Berdasarkan
sifat keperagaan/pengalaman dibedakan atas alat pengajaran/peraga
langsung(bendanya sendiri atau keadaan/peristiwa yang nyata),contohnya; model
dan gambar
c. Berdasarkan
cara penyampaian pesan/pengajaran dibedakan atas alat/media cetak,misalnya buku
pelajaran dan media elektronik,seperti kaset,film,dan alat media lainnya
d. Berdasarkan
fungsinya dalam proses belajar yg terdiri dari:
·
Alat utk peragaan seperti gambar dan
flipchart
·
Alat utk memberi pengertian seperti alat
utk percobaan fisika(mikroskop,tabung kaca)
·
Alat utk latihan spti buku kerja dan
alat olah raga
·
Alat utk ekspresi spti alat music dan
gambar utk membuat karangan
·
Alat utk belajar sendidri sptio modul
dan computer
B.
Lingkungan
Pendidikan
Lingkungan meliputi Lingkungan fisik dan lingkungan
social.Manusia dpt dikuasai dan membiarkan diri dikuasai oleh lingkungan
fisik,kecuali itu dia dapat pula menyesuaikan diri atau menguasai lingkungan
fisiknya,contoh:
·
Jika seseorang sulit belajar dikamar
yang panas dan byk nyamuk hingga dia
pergi tidur maka hal ini berarti dia dikuasai
oleh lingkungan.
·
Jika dia menyemprot kamar tersebut dengan obat nyamuk dan dipasangnya kipas
angin shg hawa kamar terasa sejuk yg mengakibatkan dia dpt belajar dg tekun,hal
iniberarti dia dpt menguasai lingkungan.
Lingkungan dapat berupa hal-hal yang nyata dan dapat
diamati seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia.Lingkungan yang bersifat
abstrak seperti situasi politik ,ekonomi,
agama, adat-istiadat dan kebudayaan.Selain itu ada tiga macam lingkungan dilihat dari tempat berlangsungnya kegiatan
pendidikan yakni lingkungan keluarga,lingkungan sekolah,lingkungan masyarakat
0 komentar:
Posting Komentar