RSS

Minggu, 19 Mei 2013

Faktor Pendidikan Alat dan Lingkungan Pendidikan


ALAT PENDIDIKAN & LINGKUNGAN PENDIDIKAN

A.    Alat Pendidikan
Pengertian alat pendidikan adalah suatu perbuatan atau situasi yang dengan sengaja diadakan untuk mencapai suatu tujuan pendidikan.
Ø  Alat Pendidikan dapat dibedakan menjadi dua:
a.       Alat pendidikan yang bersifat rohaniah(normatif)
Merupakan alat pendidikan yang berfungsi preventif(pencegahan)dan represif (reaksi setelah ada perbuatan)keduanya dapat bersifat positif dan negatif
·         Alat pendidikan normatif yang preventif dan positif yakni keteladanan,anjuran,suruhan,pengarahan dan pembiasaan.
·         Alat pendidikan normatif yang preventif dan negative yakni contoh untuk dijauhi,peraturan yang memberi larangan dan pengawasan.
·         Alat pendidikan yang normatoif yang represif dan positifyakni isyarat tanda setuju(anggukan),kata-kata setuju,kata-kata puas,pujian,hadiah
·         Alat pendidikan normative yang represif dan negative yakni isyarat tanda tidak setuju,kata-kata tidak setuju,teguran,kecaman,ancaman,hukuman
b.      Alat pendidikan yang bersifat kebendaan
Merupakan alat pendidikan yang berwujud dan dapat dilihat dengan mata kita

1.      Arti  dan Peranan Sarana Pendidikan
Sarana pendidikan adalah segala sesuatu yang dipergunakan pendidik dalam pelaksanaan pendidikan,sarana pendidikan meliputi ruangan belajar,peralatan dan media pendidikan.

2.      Media Pendidikan dari Peranannya
Media pendidikan adalah perangkat lunak dan atau perangkat keras yang berfungsi sebagai alat belajar dan alat bantu belajar.
Media pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses belajar-mengajar:
a.       Dapat mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik
b.      Dapat mengatasi verbalisme
c.       Membangkitkan minat peserta didik
d.      Mendorong rasa ingin tahu peserta didik sehingga merangsang kegiatan belajar
e.       Dapat mengatasi keterbatasan waktu dan tempat

3.      Alat Pengajaran (alat Pendidikan yang Bersifat Kebendaan)
Alat pendidikan sebagai alat pengajaran diklasifikasikan sbb:
a.       Berdasarkan pemakiannya dibedakan atas alat pengajaran individual,contohnya:buku pelajaran dan pengajaran klasikal seperti papan tulis dan peta.
b.      Berdasarkan sifat keperagaan/pengalaman dibedakan atas alat pengajaran/peraga langsung(bendanya sendiri atau keadaan/peristiwa yang nyata),contohnya; model dan gambar
c.       Berdasarkan cara penyampaian pesan/pengajaran dibedakan atas alat/media cetak,misalnya buku pelajaran dan media elektronik,seperti kaset,film,dan alat media lainnya
d.      Berdasarkan fungsinya dalam proses belajar yg terdiri dari:
·         Alat utk peragaan seperti gambar dan flipchart
·         Alat utk memberi pengertian seperti alat utk percobaan fisika(mikroskop,tabung kaca)
·         Alat utk latihan spti buku kerja dan alat olah raga
·         Alat utk ekspresi spti alat music dan gambar utk membuat karangan
·         Alat utk belajar sendidri sptio modul dan computer

B.     Lingkungan Pendidikan
Lingkungan meliputi Lingkungan fisik dan lingkungan social.Manusia dpt dikuasai dan membiarkan diri dikuasai oleh lingkungan fisik,kecuali itu dia dapat pula menyesuaikan diri atau menguasai lingkungan fisiknya,contoh:
·         Jika seseorang sulit belajar dikamar yang  panas dan byk nyamuk hingga dia pergi tidur maka hal ini berarti dia dikuasai oleh lingkungan.
·         Jika dia menyemprot kamar tersebut  dengan obat nyamuk dan dipasangnya kipas angin shg hawa kamar terasa sejuk yg mengakibatkan dia dpt belajar dg tekun,hal iniberarti dia dpt menguasai lingkungan.
Lingkungan dapat berupa hal-hal yang nyata dan dapat diamati seperti tumbuh-tumbuhan, binatang, manusia.Lingkungan yang bersifat abstrak  seperti situasi politik ,ekonomi, agama, adat-istiadat dan kebudayaan.Selain itu ada tiga macam lingkungan  dilihat dari tempat berlangsungnya kegiatan pendidikan yakni lingkungan keluarga,lingkungan sekolah,lingkungan masyarakat

0 komentar:

Posting Komentar

animasi  bergerak gif

Sekarang Menunjukkan Jam