PENDIDIK & PESERTA DIDIK
A.
Tujuan
Pendidikan
Berikut
ini merupakan tujuan pendidikan yang dikemukakan oleh para ahl.
Ø Menurut
Zahara Idris(1987) adalah memberikan bantuan terhadap perkembangan anak
seutuhnya.supaya dapat mengembangkan potensi
fisik,emosi,sikap,moral,pengetahuan dan ketrampilan agar menjadi manusia dewasa
Ø Menurut
M, Noer Syam (1984) adalah agar seseorang mempunyai kepribadian yang sesuai
dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan.
Ø Menurut
Ki Hadjar Dewantara adalah agar anak sebagai manusia dan anggota masyarakat
dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.
Namun
pada intinya tujuan pendidikan adalah membantu perkembangan anak untuk mencapai
tingkat kedewasaan scr biologis dan pedagogis.
1.
Hirarki
Tujuan Pendidikan Menurut Soemitro
a. Tujuan
umum pendidikan/tujuan akhir disebut juga tujuan yang disempurnakan baik
jasmani maupun rohani.Pribadi dewasa
memiliki karakteristik sbb:
·
Memahami,mengerti dan mencintyai
dirinya(individualitas)
·
Memahami,mencintai dan mengerti orang
lain(sosialitas)
·
Menyadari,memiliki norma kesusilaan dan
nilai-nilai kemanusiaan.
·
Bertindak dan berbuat sesuai dengan
kesusilaan,nilai-nilai hidup atas tanggung jawab sendiri demi kebahagiaan
dirinya dan kebahagiaan masyarakat(moralitas)
b. Pengkhususan
tujuan umum yaitu tujuan setiap lembaga pendidikan misalnya tujuan pendidikan
TK,SD,SMP,SMA.
Adapun macam-macam
tujuan khusus pendidikan terdiri dari:
·
Tujuan sementara yaitu tujuan yang
dicapoi anak pada masa fase-fase tertentu.
·
Tujuan tidak lengkap yaitu tujuan yang
berkaitan dengan aspek kepribadian tertentu
·
Tujuan Intermedier yaitu tujuan sebagai
alat untuk mencapai tujuan lain demi kelancaran pendidikan selanjutnya.
·
Tujuan Insidental yaitu tujuan
pendidikan yang bersifat sesaat/seketika.
2.
Hirarki
Tujuan Pendidikan Di Indonesia
a. Tujuan
Pendidikan Nasional
Tujuan
Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia
seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME dan budi
pekerti luhur,memiliki pengetahuan dan ketrampilan,kesehatan jasmani dan
rohani,kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakat dan kebangsaan.Ada 6 aspek yang terkandung dlm tujuan pendidikan
nasional:
1. Beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME
2. Berbudi
pekerti luhur
3. Memiliki
pengetahuan dan ketrampilan
4. Sehat
jasmani dan rohani
5. Memiliki
kepribadian yang mantap dan mandiri
6. Memiliki
rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
b. Tujuan
Institusional
Adalah
perumusan secar umuym pola perilaku dan pola kemampuannya yang harus dimiliki
oleh setiap lembaga pendidikan yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi dan tugas
yang dipikiul oleh lembaga dalam rangka menghasilkan lulusan dengamn kemampuan
dan ketrampilan tertentu.
Tujuan nasional dipengaruhi
oleh:
Ø tujuan
pendidikan nasional
Ø kekhususan
setiap lembaga
Ø tingkat
usia peserta didik
c. Tujuan
Instruksional
Adalah
rumusan secara terinci apa saja yang
harus dikuasai oleh peserta didik sesudah dia mengikuti kegiatan pengajaran
sesuai dengan pokok bahasan yang bersangkutan.
3. Taksonomi
Tujuan Pendidikan
Adalah
klasifikasi atau golongan segi-segi kepribadian yang dapat dimili oleh peserta
didik setelah dia mengikuti proses belajar-mengajar.
Taksonomi tujuan
pendidikan,yang disusun oleh:
a. Bloom
tentang aspek penalatran (aspek kognitif)
b. Krothwol
tentang aspek sikap dan nilai (aspek afektif)
c. C.
Simspson tentang aspek ketrampilan psikomotor.
Ø Kognitif
Kawasan
kognitif meliputi:
·
Pengetahuan
·
Pemahaman
·
Penerapan
·
Analisis
·
Sintesis
·
Penilaian
Ø Afektif
Kawasan
afektif meliputi:
·
Kesadaran
·
Partisipasi
·
Penghayatan
·
Pengorganisasian
·
Karakterisasi
Ø Psikomotor
Kawasan
yang dikembangakan oleh Harrow yaitu:
·
Gerakan Refleks
·
Gerakan dasar
·
Kemampuan perseptual
·
Kemampuan jasmani
·
Gerakan-gerakan terlatih
·
Komunokasi nondeskursit
B. Pendidik
Pendidik adalah orang dewasa yang bertanggung jawab
memberikan bim,bingan kepada peserta didik dalam perkembangan jasmani dan
rohaninya, gagar mencapai tingkat jedewasaan(mampu berdiri sendiri) memenuhi
tugasnya sbg makhluk Tuhan,makhluk individu yang mandiri dan makhluk social.
1. Pendidik
Kodrat
Pengertianya adalah
orang dewasa yang mempunyai tanggung jawab terhadap anak terutama adalah orang
tuanya,karena mereka yang mempunyai hubungan darah dengan anak.Misalnya adalah
keluarga yang utamanya adalah rang tua.
2. Pendidik
Jabatan
Adalah Pendidik disekolah,seperti guru,konselor dan
administrator.Pendidik ini di katakana pendidik jabattan karena memilki jabatan
tertentu.Misalnya jabatan seorang guru.
3. Hakikat
Pendidik
A. Pendidik
sebagai agen pembaharuan
B. Pendidik
adalah pemimpin dan pendukung nilai-nilai masyarakat
C. Pendidik
sebagai fasilitator
D. Pendidik
bertanggung jawab atas tercapainya hasil belajar peserta didik
E. Pendidik dituntut untuk menjadi contoh dalam
pengelolaan proses belajar-mengajar
F. Pendidik
bertanggung jawab secara professional untuk terus-menerus meningkatkan
kemampuannya
G. Pendidik
menjunjung tinggi kode etik professional
4. Peranan
Pendidk
Pendidik
adalah satu faktor yang penting dalam pendidikan,terutama karena dia bertugas
mengalihkan pengetahuan dan ketrampuilan kepada peserta didik agar mereka mampu
menyerap,menilai,mengembangkan secara mandiri ilmu yang dipelajarinya.
Pendidik mempunyai
peranan sbb:
·
Sebagai komunikator
·
Sebagai fasilitator
·
Sebagai motivator
·
Sebagai administrator
·
Sebagai konselor
5. Peranan
Pendidik Menurut KI Hadjar Dewantara
6. Menurut
Ki Hadjar Dewantara pendidik mempunyai poerana seprti berikut ini :
·
Ing ngarsa sung tulada(jika didepan
menjadi contoh)
·
Ing madya mangun karsa( jika ditengah
membangkitkan hasrat untuk belajar)
·
Tut Wuri
Handayani( jika ada dibelakang member dorongan)
Pendidik
dituntut untuk:
·
Menguasai bahan yang akan diajarkan
·
Memeiliki kemampuan untuk mengajar dapat
merencanakan melaksanakan dan mengevaluiasikan suatu program atau unit
pelajaran
·
Mempunyai minat untuk mengajarkan
ilmunya
C. Peserta
Didik
a. Hakikat
Peserta Didik
·
Peserta didik adalah pribadi yang sedang
berkembang
·
Peserta didik bertanggung jawab atas
pendidikannya sendiri sesuai dengan wawasan pendidikan seumur hidup
·
Peserta didik adalah pribadi yang memiliki
potensi baik fisik maupun psikologis yang berbeda-beda sehingga masing-masing
merupakan insan yang unik
·
Peserta didik memerlikan pembinaan
individual dan perlakuan yang manusiawi
·
Peserta didik pada dasarnya merupakan
insane yang aktif menghadapi lingkungannya
b. Perbedaan
Individual
Perbedaan individual
disebakan oleh beberapa faktor yaitu:
· Faktor kemampuan dasar terdiri atas
faktor kemampuan dasar umum yang disebut
inteligensi dan kemampuan dasar khusus yang disebut aptitude atau bakat.
· Faktor lingkungan yang mempengaruhi
perkembangan individu sangat bervariasi yakni lingkungan alam
sekitar(lingkungan keluarga,sekolah,masyarakat)
· Faktor kepribadian yang berpengaruh
dalam perkembangan meliputi sikap,minat,motivasi,sosialitas dan pandangan
hidup.
0 komentar:
Posting Komentar